Minggu, 26 Februari 2017

Batu Amazonite

Amazonite juga dikenal sebagai “Amazon Stone” atau batu Amazon. Batu ini adalah varietas dari Microcline hijau, yang termasuk ke dalam kelompok mineral Feldspar. Feldspar adalah mineral yang paling umum di dunia diikuti oleh Quartz (Kuarsa). Meskipun jumlah Feldspar sangat berimpah, hanya ada beberapa jenis Feldspar yang dianggap berkualitas permata. Kata “Feldspar” berasal dari bahasa Jerman, “Feld” dan “Spath”, yang diterjemahkan secara bebas sebagai “Batu yang Mengandung Bijih”.

Nama “Amazonite” berasal dari nama sungai Amazon di Amerika Selatan, yang mengalir melalui Brazil. Telah dipercayai bahwa batu Amazonite telah ditemukan sejak lama, tetapi ahli mineral mengklaim bahwa tidak ada deposit Feldspar hijau di Amazon Brazil. Akibatnya, batu-batu tersebut kemudian diasumsikan sebagai Giok Nephrite, bukannya Amazonite. Amazonite dan Feldspar hijau lainnya secara alami terjadi di daerah lain di Brazil, tidak hanya di sungai Amazon.

Batu Amazonite adalah Feldspar berwarna hijau muda sampai hijau muda kebiruan. Warna lembut dan menarik Amazonite ini mirip dengan batu Giok Nephrite dan Jadeite. Batu ini kadang-kadang keliru disebut sebagai “Colorado Jade” atau “Pikes Peak Jade” karena kemiripannya. Penampilan Amazonite sangat khas seperti grid, berbintik-bintik, berpola hijau dan putih. Amazonite juga memiliki kemilau yang sangat samar yang menambah keunikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar