Minggu, 26 Februari 2017

Jenis Batu Boulder Opal


Batu Boulder Opal adalah salah satu varietas Opal yang paling berharga kedua setelah Black Opal Australia. Spesimen Boulder Opal bisa menunjukkan semua warna spektral melalui permainan warnanya yang unik. Boulder Opal mungkin dianggap kurang berharga daripada Black Opal, tapi sebenarnya lebih langka. Boulder Opal hanya didapatkan sekitar 2% saja dari deposit semua Opal di Australia, sedangkan Black Opal sekitar 8%. Sisanya 90% adalah Common Opal, sering disebut sebagai “Potch” atau “White Opal”. Australia memproduksi lebih dari 95% dari seluruh pasokan dunia untuk batu permata Opal, jelas menjadikannya sebagai pemasok Opal terbesar di dunia. Boulder Opal pertama kali ditemukan di Quilpe, Australia Barat, sekitar tahun 1870. Hampir semua batu Boulder Opal yang ada saat ini adalah berasal dari Western Queensland, Australia, area yang kaya akan Opal dengan luas sekitar 200 sampai 300 kilometer persegi.

Boulder Opal ditemukan tertanam pada batu-batu besar (Boulder) Ironstone, dari situlah namanya berasal. Terbentuk sebagai batu kerikil, Opal berkembang di dalam vena, celah, dan cekungan tipis. Ketika penambang Opal mencoba untuk melepas Opal dari Ironstone, beberapa batu matriks host-nya (Ironstone) turut disertakan. Karena hal ini, batu Boulder Opal kadang-kadang disebut sebagai “Opal in Matrix”. Matrix Ironstone meningkatkan daya tahan dan warna batu, sering kali juga bisa meningkatkan efek permainan warna dan “Opalescence”, yang merupakan dua phenomenona optik yang berbeda, tapi sering keliru tafsirkan. Batu Boulder Opal mirip dengan Opal Doublet yang dilapis melalui proses treatment, tapi bukannya dilapis secara artifisial, lapisan pada batu Boulder Opal adalah kejadian alami.

Dibandingkan dengan varietas Opal lainnya, batu Boulder Opal memiliki densitas yang lebih tinggi karena matriks Ironstone-nya. Akibatnya, batu Boulder Opal berukuran lebih kecil dibandingkan dengan Common Opal pada berat yang sama. Sebagai bukti bahwa batu Boulder Opal memiliki namadan popularitas dalam perdagangan permata, batu ini adalah salah satu birthstone atau batu kelahiran resmi untuk bulan Oktober, bersanding dengan varietas Opal lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar