Minggu, 26 Februari 2017

Jenis Batu Ametrine


Batu Ametrine adalah varietas dari Macrocrystalline Quartz yang memiliki zona warna. Batu ini kadang-kadang disebut sebagai Trystine dan merupakan kombinasi Bi-Color (dua warna) alami dari Amethyst (batu Kecubung Ungu) dan Citrine (batu Kecubung Kuning). Penjelasan mudahnya, Ametrine = Amethyst + Citrine. Kombinasi warna pada Ametrine dapat berkisar mulai dari ungu muda pucat sampai ungu gelap dan dari kuning pucat sampai coklat emas. Pembagian warna pada Ametrine ini terlihat sangat jelas. Warna ungu muda (violet) dan warna kuning yang ditemukan pada Ametrine adalah berasal dari jejak besi. Satu-satunya perbedaan antara Amethyst, Citrine, dan Ametrine adalah tingkat besi yang teroksidasi pada garis zona warnanya. Ketiga batu permata tersebut sama-sama mendapatkan warnanya dari besi dan sama-sama memiliki komposisi kimia silikon dioksida.

Ada sangat sedikit sekali batu permata berwarna kuning alami, seperti Diamond (Berlian), Sapphire (Safir), Tourmaline, dan Chrysoberyl. Namun, sebagian besarnya cenderung berwarna lebih kehijauan. Beryl dan Topaz diketahui juga ada yang berwarna emas. Batu Topaz yang berwarna emas dikenal sebagai “Imperial Topaz” dan Beryl yang berwarna emas dikenal sebagai “Heliodor”.

Meskipun batu Amethyst sangat berlimpah, tapi batu Citrine alami jauh langka. Dan karena batu Citrine langka, deposit batu Ametrine juga jadi sangat terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar