Minggu, 26 Februari 2017

Batu Jenis Aventurine


Batu Aventurine adalah varietas dari Chalcedony Quartz yang ditandai oleh karakteristiknya yang tembus cahaya dan adanya inklusi metalik yang gemerlapan. Inklusi berkilauan ini biasanya terdiri dari Muscovite Mica, yang biasanya menghasilkan warna hijau sedang sampai gelap pada Aventurine dengan kemilau berwarna hijau atau biru keperakan. Inklusi metalik membuat Aventurine Quartz menjadi batu dengan kemilau yang unik, yang dikenal sebagai Aventurescence. Selain Muscovite Mica, mungkin juga ada inklusi Hematite atau Goethite, yang juga menghasilkan permainan warna yang menarik.

Warna batu Aventurine biasanya berkisar mulai dari hijau muda sampai tua. Warna Aventurine disebabkan karena adanya jejak elemen dari Fuchsite. Fuchsite adalah varietas dari Muscovite yang kaya akan Chromium. Aventurine sering kali disertai begitu banyak Fuchsite, yang secara teknis didefinisikan sebagai batu, bukan mineral. Meskipun secara teknis demikian, Aventurine masih dianggap tergolong Quartz oleh sebagian besar orang, dan menganggap Fuchsite hanyalah inklusi yang menyertainya.

Fenomena optik (Aventurescence) yang unik dari batu Aventurine berkisar mulai dari intensitas rendah sampai yang kuat. Tingkat intensitasnya tergantung pada kepadatan dan ukuran inklusi metalik. Warna tubuh dari Aventurine juga bervariasi tergantung pada inklusinya. Bahkan, sebagian besar Aventurine memiliki banded atau pita dan berwarna cerah dan gelap yang sangat jelas. Batu Aventurine memiliki tekstur kasar, tetapi menampilkan kemilau menarik ketika dipoles dengan baik. Orang kadang bingung antara Aventurine Quartz dengan Aventurine Feldspar. Feldspar berwarna oranye sampai merah dan memiliki level transparansi yang baik yang membuatnya mudah dibedakan. Aventurine Feldspar kini lebih sering disebut sebagai “Sunstone”, menggantikan nama “Aventurine” yang merujuk terutama pada varian Quartz.

Batu Aventurine awalnya ditemukan secara tidak disengaja oleh pekerja kaca dari Venesia pada abad ke-18. Nama “Aventurine” berasal dari kata Italia “A” dan “Ventura”, yang artinya “Secara Kebetulan”. Keluarga Miotti dari Italia menciptakan kaca Italia warna-warni yang dikenal sebagai “Goldstone”, yang mirip dengan Aventurine. Goldstone tidak sengaja dibuat ketika pengisian tembaga tumpah ke setumpuk kaca selama produksi. Ini adalah kelahiran Goldstone dan Aventurine buatan. Nama Muscovite Mica juga berasal dari jenis kaca, yang dikenal sebagai “Muscovy Glass”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar