Minggu, 26 Februari 2017

Batu Jenis Carnelian


Batu Carnelian termasuk ke dalam kelompok mineral Quartz, kelompok mineral yang paling banyak kedua di dunia. Meskipun semua batu permata Quartz memiliki komposisi kimia yang sama yaitu silikon dioksida, mereka diklasifikasikan menjadi dua cabang yang berbeda berdasarkan bentuk kristalnya: Macrocrystalline Quartz dan Cryptocrystalline Quartz, dan Carnelian masuk ke dalam Cryptocrystalline Quartz. Cryptocrystalline, juga disebut sebagai Chalcedony Quartz, juga mencakup berbagai batu permata lainnya seperti batu Agate, Onyx, dan Jasper. Carnelian diklasifikasikan berdasarkan warnanya dan didefinisikan sebagai varietas Chalcedony Quartz yang berwarna merah-oranye sampai merah kecoklatan. Warnanya berasal dari jejak besi yang terbentuk di dalam kristal Quartz tak berwarna.

Carnelian, juga disebut sebagai “Cornelian”, sering keliru dianggap sebagai “Sard”, varietas Chalcedony Quartz yang berwarna kecoklatan dan lebih gelap. Karena tidak ada perbedaan yang jelas antara Sard dan Carnelian, banyak spesimen yang diidentifikasi dengan benar sebagai keduanya. Carnelian juga merupakan salah satu dari banyak batu permata yang diklasifikasikan sebagai “Carbuncle”. Carbuncle adalah istilah yang awalnya hanya digunakan untuk merujuk pada batu Garnet yang berwarna merah, tapi saat ini, nama tersebut digunakan untuk mereferensikan setiap batu permata berwarna merah yang dipotong cabochon.

Batu Carnelian adalah salah satu batu permata tertua, dengan catatan sejarah lebih dari 4000 tahun yang lalu. Batu ini sangat berharga dan dipakai oleh banyak orang-mulia pada zaman kuno. Batu ini juga memiliki tempat yang sangat istimewa dalam agama Kristen. Menurut kitab suci Kristen, Carnelian adalah salah satu dari dua belas batu permata yang dikenakan pada dada Aaron, saudara Musa, seorang nabi dan imam besar pertama dari Israel. Carnelian juga memainkan peranan penting dalam Yunani kuno, Romawi, dan budaya Babylonia. Bahkan, batu ini populer dipakai sebagai jimat, cincin kebesaran, dan segel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar